Rabu, 23 Februari 2011

Ngemil

Ada banyak tulisan yang mengulas tentang ngemil sehat dengan alasan camilan yang dimakan adalah sehat bebas dari kolesterol dsb…persoalanya bukan pada makanan sehat atau tidak, namun alasan berikut ini dapat menjadi pertimbangan selanjutnya.
Merupakan sebuah fakta bahwa makan di antara jam makan (ngemil) bukanlah prilaku yang baik kesehatan. Mengapa ngemil tidak baik bagi kesehatan? Apakah akibatnya bagi tubuh jika kita makan di antara jam makan?
Pada waktu makanan dimakan, lambung akan melakukan tugasnya mencerna makanan ini dan menyiapkannya untuk masuk ke dalam usus halus. Proses ini memerlukan waktu sekitar 5 jam, tergantung kepada jenis makanan yang dimakan. Idealnya, ketika makanan masuk kedalam lambung seharusnya lambung sudah dikosongkan dari makanan sebelumnya. Sehingga ketika makanan yang baru masuk kerja lambung tidak berat, dan sebelum makanan baru masuk maka proses pencernaan sudah harus berhenti.
Namun pada waktu lambung masih bekerja mencerna makanan, lalu masuk makanan baru (camilan) maka lambung akan bekerja mencerna makanan lama dan baru pada tingkat yang sama. Makanan yang dicerna sebagian akan membusuk dengan cepat dalam lambung yang bersuhu hangat dan lembab. Proses menunggu ini menyebabkan waktu antara lambung kosong dan siap untuk makanan berikutnya menjadi lebih panjang dari normal.
Hal ini akan membebani sistem karena waktu yang lebih panjang itu menyebabkan makanan membusuk di dalam lambung, maka makanan busuk itu akan masuk ke dalam sistem tubuh dan diserap ke dalam aliran darah. Itulah yang terjadi bila makan diantara jam makan (ngemil). Oleh sebab itu berhenti membebani lambung anda dengan camilan-camilan, makanlah tepat pada waktunya.


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7186152